PNP Berikan Pelatihan Perangkat Lunak Perkantoran dan Multimedia untuk siswa Bintara POLRI

PNP Berikan Pelatihan Perangkat Lunak Perkantoran dan Multimedia untuk siswa Bintara POLRI

Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022 Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Peningkatan Kompetensi Siswa Bintara POLRI dalam Penggunaan Perangkat Lunak Perkantoran dan Multimedia. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang siswa Bintara POLRI yang sedang menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Padang Besi Polda Sumbar.

Bertempat di labor komputer jurusan Tekologi Informasi kampus Politeknik Negeri Padang pelatihan ini diberikan oleh delapan (8) orang dosen Teknologi Informasi. Materi pelatihan dibagi menjadi empat sesi dengan tema masing-masing kelas yaitu tentang Office Word, Excel, Powerpoint dan Multimedia. Pada kelas Word diberikan materi oleh Yori Adi Atma dan Rahmi Putri Kurnia, kelas Excel oleh Ainil Mardiah dan Teruma Leo Wijaya, kelas Power Point oleh Harfebi Fryonanda dan Edwar Rosman serta kelas Multimedia oleh Ardian Firosha dan Sumema.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Jurusan TI PNP, Ronal Hadi, S.T., M.Kom. “Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengoperasikan aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint dengan baik dalam mengolah dokumen untuk keperluan surat-menyurat dan presentasi, serta membuat konten image dan video yang menarik” ujar Ronal Hadi, S.T., M.Kom. saat memberikan arahan sebelum memulai kegiatan pelatihan. “Materi yang diberikan oleh Tim Dosen telah disesuaikan dengan kebutuhan di tempat para peserta bertugas nantinya” tambahnya.

Hadir juga Aipda Albert A. dan Aipda Maulana N.P dari Polsek Pauh selaku pendamping dan pembimbing dari siswa Bintara Polri yang sedang menngikuti pelatihan. Diwawancarai secara terpisah Aipda Albert menyatakan terima kasih atas kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen dari jurusan Teknologi Informasi dalam memberikan pelatihan kepada siswa Bintara Polri ini, beliau mengatakan kegiatan ini sangat berguna bagi siswa-siswa Bintara dan juga institusi kepolisian secara umum karena kemampuan di bidang teknologi informasi ini sangatlah diperlukan pada saat ini. Beliau juga berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan antara pihak Politeknik Negeri Padang dengan Sekolah Kepolisian Negara dalam memberikan materi tentang teknologi informasi ini, sehingga kegiatan ini bisa diikuti juga oleh siswa-siswa Polri lainnya.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta pelatihan yaitu siswa-siswa Bintara Polri dari SPN Polda Sumbar Padang Besi dalam meningkatkan kompetensi di bidang teknologi informasi khususnya penggunaan perangkat lunak perkantoran (Office) dan multimedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *