Tim PKM PM Politeknik Negeri Padang Rancang Website Untuk Rumah Singgah Pasien M.Ihpan

Tim PKM PM Politeknik Negeri Padang Rancang Website Untuk Rumah Singgah Pasien M.Ihpan

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) berfokus dalam memberikan bantuan iptek kepada mitra program sebagai bentuk solusi atas permasalahan atau kebutuhan prioritas mitra yang teridentifikasi saat mahasiswa dan mitra berdiskusi sebelum kesepakatan bersama dicapai. PKM-PM bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara aktif dengan masyarakat mitra non profit; menumbuhkan tenggang rasa dan solidaritas terhadap masalah yang dihadapi masyarakat mitra; serta menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra.

Tim PKM Politeknik Negeri Padang dibimbing langsung oleh Bapak Fazrol Rozi, M.Sc dan diketuai oleh Gybran Nauval Yuhandika dengan anggota Altaf Hafizun, Githani Rizkyka Pasya, M.Nawaf Akbar, serta Wirda Nissa.

Adapun proses seleksi PKM-PM Vokasi ini dimulai dengan tahap seleksi proposal. Tim Mahasiswa berdiskusi dengan pihak mitra yaitu Rumah Singgah Pasien M.Ihpan yang berlokasi di Jl. Dr. H. Abdullah Ahmad No.17 Sawahan memiliki jarak +- 230 meter dari RSUP M.Djamil. Rumah singgah M.Ihpan terdapat fasilitas kamar tidur, kamar mandi, peralatan memasak, kursi roda, ruang tamu, sembako, serta bimbingan berobat. RSP M.Ihpan dikhususkan untuk masyarakat yang berasal dari Kab. Pasaman dan Kab. Pasaman Barat. Hal ini disebabkan jarak antara Kab. Pasaman dan Kab. Pasaman Barat dengan RSUP M.Djamil +- 250 km sehingga masyarakat Kab. Pasaman dan Kab. Pasaman Barat tidak memiliki tempat tinggal sementara selama menjalani pengobatan.

Rumah Singgah Pasien M.Ihpan juga masih menggunakan pendataan pasien secara manual sehingga tim PKM PM merancang sistem informasi berbasis website dengan tujuan dapat meningkatkan aksebilitas dan pengelolaan rumah singgah pasien M.Ihpan.

Proses PKM ini berlangsung selama empat (4) bulan dimulai dari tanggal 27 April 2024 s.d bulan Agustus nanti. Mohon doanya agar tim PKM PM Politeknik Negeri Padang dapat lolos sampai Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 yang digelar di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Jangan lupa kepoin kegiatan kami di instagram @pkmpm.rspmihpan

Leave a Reply