Perakitan dan Instalasi Komputer

Mata kuliah ini merupakan matakuliah Praktikum Perakitan dan instalasi komputer yang merupakan merupakan materi fundamental yang harus di kuasai oleh mahasiswa, sehingga pada matakuliah ini mahasiswa dapat memahami kinerja sebuah komputer, mengenal komponen-komponen sebuah komputer, memahami fungsi masing-masing komponen, mampu melakukan instalasi hardware dan software, mampu mendeteksi masalah komputer, mampu mengatasi masalah komputer (Troubleshooting), memahami jenis-jenis komputer dan aplikasi komputer, serta memanfaatkan utility internal dan external windows.

Permasalahan yang sering muncul adalah.

  1. Mahasiswa tidak memahami jenis perangkat komputer dan fungsi komponen yang akan digunakan dalam melakukan perakitan perangkat komputer sehingga mahasiswa sulit untuk menganalisa kebutuhan komponen apa yang akan digunakan dalam melakukan perakitan komputer.
  2. Mahasiswa sulit untuk melakukan perakitan komponen komputer yang beragam sehingga sering terjadi kesalahan dalam melakukan perakitan perangkat komputer yang menyebabkan komputer tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.
  3. Kebutuhan mahaiswa dalam memahami cara perakitan computer tidak bisa hanya jika melihat demo dan menonton video saja, karena untuk ahli dalam melakukan perakitan harus dilakukan langsung oleh mahasiswa itu sendiri.

Pada Kondisi pandemi seperti saat ini mengharuskan mahasiswa melakukan perubahan metode pembelajaran berubah dari luring menjadi daring sehingga diperlukan modul pembelajaran yang bisa dilakukan secara luring tanpa mengurangi kesan interaksi praktek di labor pada mahaiswa.

Modul ini merupakan salah satu alternatif model pembelajaran dengan menggunakan teknologi Aughmented/Virtual Reality yang memungkinkan pengguna melakukan interaksi dengan modul.

Modul VR Perakitan Komputer