Jadi Host University Favorit, Awardees Rasakan Dampak Positif IISMA Coventry University

Jadi Host University Favorit, Awardees Rasakan Dampak Positif IISMA Coventry University

Dikutip dari : https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/jadi-host-university-favorit-awardees-rasakan-dampak-positif-iisma-coventry-university

Coventry University menjadi salah satu host university favorit para awardees program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Kampus ini tidak hanya menyediakan berbagai program serta kegiatan yang mampu menunjang hard skills serta soft skills pada awardees, tetapi juga banyak peluang profesional bagi para awardees

Hal tersebut disampaikan oleh oleh sejumlah perwakilan peserta program IISMA Coventry University saat beraudiensi langsung dengan tim Monitoring and Evaluation (Monev) IISMA dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) beberapa waktu lalu. Tim tersebut dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Catharina Muliana dan ketua program IISMA, Rachmat Sriwijaya.

“Dari pre-departure experiences, industrial visit, hingga induction week kami merasakan banyak sekali dampak positif dan peluang-peluang yang dapat kami manfaatkan ke depannya,” kata student representative IISMA Coventry University, Dewi Wulandari.

Di hadapan tim monev, Dewi dan juga para mahasiswa lainnya menyampaikan dengan penuh antusias bagaimana kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan di Coventry University benar-benar telah berdampak positif pada pengembangan diri dan kemampuan mereka. Dampak positif tersebut mulai dari kegiatan yang bersifat akademik, non-akademik, hingga magang di industri-industri terkemuka seperti di Malone Group, Lumachain, serta Kinaxia Logistics. 

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan monitoring dan evaluasi berkelanjutan adalah untuk memastikan bahwa standar pendidikan dan tujuan yang ditetapkan oleh kemitraan ini selalu terpenuhi.  

“Dan saya turut senang serta bahagia melihat kalian memperoleh dampak positif dari program ini,” ucap Rachmat saat bertemu IISMA awardees Coventry University yang begitu antusias menceritakan pengalaman mereka. 

Menurut Rachmat, dengan berbagai respon positif mahasiswa dengan program-program yang ditawarkan Coventry University, hal tersebut memberikan ilustrasi yang jelas tentang bagaimana Coventry University memberikan dampak positif, serta memberikan banyak peluang professional melalui kerja sama program IISMA tersebut. 

“Dengan bantuan Prof. Benny Tjahjono, serta Coventry University, awardees mendapatkan kesempatan dan pengalaman berharga untuk dapat melakukan kunjungan industri ke beberapa perusahaan ternama di Inggris, seperti JCB, DHL, Google, Triumph, Arsenal, dan Mini Cooper. Ini semua sangat berharga bagi para mahasiswa, utamanya mahasiswa vokasi,” ujar Rachmat. 

Pada kesempatan tersebut, sebagai ketua program, Rachmat mengucapkan terima kasih atas upaya Prof. Benny yang selalu memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa. Rachmat pun berharap kerja sama serupa dapat terus terjalin dan lebih erat lagi di tahun-tahun berikutnya. Harapan tersebut rupanya langsung diamini oleh para mahasiswa. 

Sementara itu, senada dengan Rachmat ,Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Catharina Muliana, mengaku sangat senang mendengar respons positif pada mahasiswa. Ia mengatakan bahwa  Coventry University merupakan kampus ketiga di Inggris yang dikunjungi untuk monitoring dan evaluasi program IISMA. 

“Acara hari ini sungguh berkesan, semua lelah yang kami rasakan selama perjalanan langsung sirna. Saya begitu senang bisa hadir disini bertemu dengan Prof. Benny serta awardees,” ucap Chatarina.  

Sebagai informasi, Coventry University menjadi salah satu universitas yang terpilih untuk menjadi tuan rumah Monev yang menjadi agenda wajib IISMA di bawah naungan Kemendikbudristek. 

Selain diisi dengan sambutan-sambutan, termasuk dari Prof. Richard Dashwood, Deputy Vice-Chancellor Research serta audiensi dengan para awardees, kegiatan Monev kemudian diakhiri dengan pertukaran kenang-kenangan yang melambangkan hubungan kuat antara Coventry University dan IISMA. Pemberian kenang-kenangan sekaligus merupakan rasa terima kasih mendalam yang dibagikan oleh kedua belah pihak atas upaya kolaboratif dalam membentuk pendidikan berkualitas tinggi dan pertukaran akademik internasional.

Sebagai penutup, tim Monev menyampaikan apresiasi mendalam mereka kepada Coventry University atas komitmen teguh mereka terhadap kesuksesan kemitraan ini. Ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara lembaga pendidikan dan tim monitoring dan evaluasi dapat menghasilkan prestasi yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. (Tim MBKM/Nan/Cecep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *